Cara menghilangkan Virus Yang Telah Mendisable / Menonaktifkan Task Manager

Apakah Anda sedang menemukan masalah dengan Task Manager Anda seperti yang ditunjukkan gambar di atas? Task Manager has been disable by your administrator? Jika Ya, mari kita pecahkan permasalahan Anda tersebut.

Sebenarnya siapa yang telah dengan sengaja mendisable atau menonaktifkan Task Manager Anda? Sebagian besar itu semua dilakukan oleh virus, bahkan bukan hanya Task Manager saja yang dimatikan oleh virus, beberapa perintah Windows seperti Regedit, Folder Optons, dll juga tidak dapat diakses jika virus sampai menginfeksi komputer Anda.










Jika Antivirus Anda selalu up to date, lakukan scan pada komputer dan Antivirus pasti akan menemukan beberapa virus pada komputer Anda. Tapi hanya dengan Antivirus saja belum cukup untuk mengembalikan Task Manager yang telah didisable oleh virus. Bahkan virus tersebut bisa jadi akan menginfeksi komputer Anda di kemudian hari.

Nah, berikut ini ada beberapa langkah untuk benar-benar menghapus virus yang telah mendisable Task Manager dan mengembalikan Task Manager komputer Anda  ke keadaan normal.

Sebelumnya Anda memerlukan 3 tool (software) untuk melakukan langkah ini, tool (software) yang perlu Anda download antara lain:

1. Process Explorer
Process Explorer adalah alat yang mirip dengan windows task manager. Process Explorer akan menampilkan informasi tentang program dan DLL proses yang sedang dibuka atau dimuat.

2. RRT (Remove Restrictions Tool)
RRT (Remove Ristrictions Tool) adalah alat untuk mengaktifkan kembali Ctrl Alt Del, Folder Options, dan Registry.

3. HijackThis
HijackThis adalah detektor pembajak homepage dan remover yang menargetkan metode yang digunakan oleh para pembajak yang paling umum.

Berikut adalah 4 langkah mudah untuk menghapus virus yang mendisable Task Manager dan mengembalikannya seperti semula.

Perhatian! Jika pada mode normal cara ini tidak berhasil, lakukan pada safe mode.

1. Disable / nonaktifkan program virus yang sedang berjalan 
Jalankan processxp.exe, matikan semua proses yang memiliki ikon folder (INGAT tidak ada aplikasi yang sedang berjalan yang memiliki ikon folder). Matikan proses yang berada di bawah explorer.exe dan memiliki nama mirip dengan system services. Setelah itu jangan lakukan double klik pada folder / file apapun dalam hard disk atau drive usb. Jika Anda ingin membuka file gunakan tombol dari toolbar untuk menjelajahi dan menelusuri isi.

2. Hapus restriction / pembatasan yang dibuat oleh Virus
Virus membuat beberapa pembatasan dalam komputer sehingga tidak dapat diidentifikasi dengan mudah. Beberapa pembatasan umum yang telah dibuat adalah menonaktifkan taskmanager, menonaktifkan opsi show hidden file dalam folder options, virus mungkin menggunakan fitur autorun xp untuk menjalankan dirinya sendiri ketika kita melakukan double klik pada hard disk. File autorun.inf dan autorun.exe ini disembunyikan.
Untuk menghapus pembatasan ini jalankan RRT.EXE kemudian centang semua pembatasan dan klik pada tombol Remove, ini akan menghapus pembatasan. (Setelah ini jangan restart dahulu).

3. Mengembalikan perubahan registry yang dibuat oleh virus
Jalankan Hijackthis.exe dan lakukan sistem scan. Centang semua kotak dan klik tombol fix all. (Jika Anda tahu mana program yang Anda butuhkan, Anda dapat menghindari program-program dari daftar yang dicentang).

4. Restart dan selesai
Sekarang coba buka Task Manager Anda, apakah cara ini berhasil? Seperti yang saya katakan di atas, jika cara ini tidak berhasil lakukan langkah ini dalam safe mode windows.

Jika semua cara di atas tidak ada hasil juga, jalankan cara terakhir yaitu prosedur pembersihan Windows.

0 komentar:

Poskan Komentar